SDN KRATON


widgets

Senin, 05 Januari 2015

BAHAYA ROKOK DAN KANDUNGAN DIDALAMNYA

BAHAYA ROKOK DAN KANDUNGAN DIDALAMNYA


Disini saya akan membahas sedikit tentang beberapa kandungan dan bahaya dari merokok!









KANDUNGAN BERBAHAYA YANG DIMILIKI ROKOK

Rokok memiliki ratusan kandungan yang berbahaya bagi kesehatan beberapa dari kandungan tersebut adalah :

 
1. AKROLEIN

Akrolein merupakan zat kimia berbentuk cair yang mengandung alkohol yang terdapat pada asap  yang merupakan hasil dari pembakaran suatu tembakau atau rokok




2. KARBON MONOKSIDA

Karbon monoksida adalah gas beracun, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Karena sifatnya yang tidak berbau, CO biasanya bercampur dengan gas-gas lain yang berbau sehingga CO dapat terhirup secara tidak disadari bersamaan dengan terhirupnya gas lain yang berbau.



3. NIKOTIN

Nikotin, adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.






4. AMONIA

Gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel dalam tubuh dan kalau disuntikan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.





5. FORMIC ACID

Cauran tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh







6. HYDROGEN CYANIDE

Gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukan langsung ke dalam tubuh akan menyebabkan kematian.





7. NITROUS OXIDE

Gas tidak berwarna dan jika dihisap dapat hilangnya pertiimbangan dan membuat easa sakit. Zat ini awalnya digunakan untuk membius.







8. FORMALIN

Gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.






9. PHENOL

Zat ini dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat dalam protein dan menghalangi kerja enzim.





10. METHANOL

Cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan dihisap dapat berakibat kebutaan dan kematian.

Tidak ada komentar: